CHASIS DAN BODY
(keuntungan dan kerugian pemindah
daya)
NAMA : DWI ADI SUDARTO
NIM : ACE 109 037
PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PALANGKARAYA
Front Wheel Rear Drive (FR)
Keuntungan :
-
Lebih kuat untuk mengangkut beban berat.
-
Mampu memberikan traksi baik saat kendaraan dimuati beban
berat.
-
Posisi mesin di depan diyakini mampu melindungi pengemudi
dan penumpang saat terjadi benturan dari depan.
-
karakter yang dihasilkan cenderung lebih halus
dibanding penggerak depan.
Kerugian :
-
Efisiensi mesin sulit didapat. Bila tenaga mesin
pas-pasan, kerugian gesekan kian melemahkan performa mobil secara keseluruhan.
Namun Mesin depan-penggerak belakang juga membuat kemudi menjadi lebih ringan
dan tidak seliar penggerak roda depan.
-
gejala oversteer cukup mudah terjadi saat menikung.
Penurunan kecepatan membuat distribusi bobot kendaraan akan berpindah ke roda
depan. Efeknya, roda belakang sebagai penggerak akan mudah kehilangan traksi
bila pengemudi melakukan engine brake atau akselerasi.
-
Akselerasi lebih lambat
-
Kabin tidak dapat di buat flat, karena harus di buat
ruang untuk as panjangnya
Front
Engine Front Wheel Drive (FF)
Keuntungan :
-
Akselerasi lebih baik
-
Mampu membuat mesin bekerja lebih efisien. Hal ini diperoleh
berkat minimnya tingkat gesekan yang terjadi lantaran komponen yang digunakan
lebih sedikit. Konfigurasi ini tak menggunakan as kopel untuk menyalurkan
tenaga seperti pada penggerak belakang.
-
Berat mobil lebih ringan
-
Ruang bawah kabin dapat di buat flat (tidak perlu ruang
untuk as panjang)
Kerugian :
-
Kelemahan konfigurasi ini ada pada kekuatan as penggerak
karena fungsi ganda yang harus ditanggung oleh roda depan. Yaitu sebagai roda
penggerak, sekaligus sebagai kemudi yang mengendalikan arah kendaraan.Tak heran
bila karakter pengendalian mobil jenis ini pun menjadi berbeda.
-
Drive saft lebih cepat rusak jika mobil membawa beban
berat dan di akselerasi pada saat belok.
-
Gejala understeer atau nyelonong, menjadi ciri khas mobil
berpenggerak depan. Hal itu disebabkan bobot kendaraan yang cenderung terpusat di
depan.
Rear Engine Front Rear Drive (RR)
Keuntungan :
-
Penumpang kendaran merasa nyaman karenaa terhindar dari
bunyi (noise),panas (heat) dan bau (fumes)
-
Minim gesekan akibat berkurangnya komponen penggerak seperti
as kopel.
-
Penapakan pada jlan yang bik terutama pada saat jalan
menanjak dan aselerasi pada saat membawa beban berat.
-
Penempatan mesin di belakang ini juga menghasilkan
keuntungan dalam hal desain. Mobil bisa dibuat lebih aerodinamis dan moncongnya
juga dapat dibuat landai.
Kerugian :
-
Tidak mungkin air cooling di operasikan pada sistem ini
karena memerlukan daya yang besar untuk menggerakan kipas.
-
Pada kecepatan tinggi kendaraan kurang stabil di
karenakan penambahan beban pada bagin belakang
Four Wheel Drive 4WD
Keuntungan :
-
Traksi roda yang sangat baik.
-
Akselerasinya lebih baik dibanding penggerak dua roda,
baik roda depan ataupun belakang.
-
Gejala understeer atau oversteer sulit terjadi
-
Bisa digunakan kondisi jalan berlumpur atau medan
off-road
Kerugian :
-
konsumsi bbm lebih boros.
-
Harga mobil menjadi lebih mahal.
-
Banyaknya komponen untuk menyalurkan tenaga
mesin ke semua roda membuat tingkat gesekannya menjadi tinggi.
makasih Info nya (Y)
BalasHapusTerimakasih info dan ilmunya,dan semoga sukses selalu .
BalasHapusY
BalasHapusYa
BalasHapusTerima kasih atas infonya, sangat membantu dan menambah wawasan saya
BalasHapusTerima kasih ,sangat membantu saya dalam pengerjaan tugas
BalasHapuslengkap sudah ,,, terimakasih
BalasHapus